Minggu, 29 Maret 2015

proposal kewirausahaan


1.       Latar Belakang
 Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha kue nastar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai kue nastar/  kering/ cemilan karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat. , kue kering ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi kue nastar ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kue nastar ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Kue nastar ini akan lebih enak apabila dimakan bersama-sama dengan orang terkasih sambil ngobrol ringan.
Dengan alasan dan landasan tersebut saya berniat untuk merintis usaha kue kering, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: KUE NASTAR SPECIAL.

2.       Visi, misi dan tujuan
a. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.

b. Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik

c. Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
3.       Profil Badan Usaha
1. Jenis Usaha
Usaha yang kami tawarkan disini adalah produk kue kering dengan merek KUE NASTAR SPECIAL. Alasan kami menawarkan produk kue nastar ini karena banyaknya kebutuhan masyarakat yang selalu ingin makan makanan ringan ketika lapar dan tidak sedang ingin makan makanan yang berat. Kue kering ini kami olah sendiri, tidak menggunakan mesin. Dicampur dengan bahan pemanis dan pewarna makanan dengan kualitas terjamin.
2. Nama Perusahaan
        Usaha ini kami namakan KUE NASTAR SPECIAL
3. Lokasi
                         Kami memulai usaha ini dengan mengambil lokasi usaha di daerah Depok, tepatnya di Komplek Perindustrian Blok B no 133 Cimanggis

4.       Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha kue kering kelompok kami yaitu:
1. Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis selain itu kami juga memasarkan nya melalui media-media online seperti facebook, twitter, dan instagram.

2. Pesaing                   
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp. 93.500,-

Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli kue nastar di tempat kita.
2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha kue nastar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.


  1.  Analisis aspek financial

Bisnis Nastar Special

Bahan pembuatan Nastar Special
 NO                    Bahan Baku                           Quantitas                  Harga                               Jumlah
1.       Tepung Terigu Segitia                                     750 gr                    9.500                                9.500

2.       Blue Band                                                      500 gr                    15.000                             15.000
3.       Gula Halus                                                     200 gr                    3.000                                3.000
4.       Telur                                                              2 butir                   12.000                               12.000
5.       Susu bubuk                                                    1 sachet                  2.500                               2.500    
6.       Vanili                                                               1 sachet                1.000                                1.000
7.       Sp & baking soda                                            1 tub                    12.000                               12.000
Jumlah :               55.000
 

 
  Peralatan                                             Quantitas            Harga                         Jumlah
1.        Stand Mixer                                        1 buah                  325.000                 325.000
2.       Oven                                                    1 buah                  175.000                 175.000
3.       Loyang                                                 3 buah                  50.000                   150.000
4.       Timbangan                                            1 buah                  30.000                     30.000
5.       Toples                                                  12 buah                4.500                       54.000
6.       Gas                                                      I buah                   115.000                 115.000
Jumlah                  849.000
    biaya Karyawan                : Rp. 400.000   biaya promosi         : 150.000
Jumlah Pengeluaran :  (55.000 x 12 ) + 849.000  +  400.000 + 150.000  =  2059.000

Hasil Penjualan
Untuk Satu toples seharga           : Rp. 93.500
Terjual : 12 toples
                  93.500 - 55.000  = 38.500
                  38.500 x 12         = 462.000




6.       Strategi Bisnis
Dalam sebuah pemasaran, kami sebagai penjual atau produsen harus pandai dan memiliki banyak ide dalam mengatur harga, tempat, dan promosi. Memiliki inovasi yang menarik agar meminat para konsumen untuk membelinya dan jenis makanannya pun terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

7.      Rencana Aktivitas
Dalam memulai dan menjalankan usaha ini, kami memiliki rencana untuk menawarkan produk kami ini dari mulut ke mulut kepada warga sekitar perumahan dan juga melalui media sosial online agar kami mempunyai cakupan penjualan yang lebih luas dan besar.

8.      Penutup
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha roti bakar ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar